Rabu, 16 Januari 2013

Cara Membuat Jus Kulit Manggis Secara Sederhana

Cara Membuat jus kulit manggis berikut ini bisa Anda coba dirumah untuk mendapatkan manfaat kulit manggis secara maksimal. Manggis merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Manggis banyak ditemukan di Indonesia, karena kebanyakan buah ini ditanam di pekarangan atau halaman belakang rumah.

Namun kini banyak juga petani yang mulai berkebun dan membudidayakan buah manggis sebagai komoditi secara besar-besaran untuk di setor atau untuk menyuplai kebutuhan buah manggis di daerah lain atau ke kota-kota besar seperti surabaya, jakarta, bandung, bali dan kota besar lainnya.

Cara Membuat jus kulit manggis


Seperti yang dikutip dari blog Seputar Dunia Wanita, berikut ini cara membuat jus kulit manggis untuk mendapatkan khasiat kulit manggis yang maksimal. Langsung saja simak cara berikut ini untuk Anda coba dirumah.

Cara mengolah Kulit Manggis dengan cara sederhana : pertama ,Cuci bersih kulit buah, lalu potong kulit 2 butir buah manggis. Kemudian potongan kulit manggis direbus dalam 4 gelas air, sampai tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari.

Cara mengolah Kulit manggis yang lain
Pembuatan sirup atau jus xanthone. 
•   Untuk menghasilkan ekstrak xanthone, kerok bagian dalam dari kulit buah segar,
•   Tambahkan dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2.
•   Setelah diblender (dihancurkan), simpan selama 24 jam kemudian saring.
•   Untuk membuat sirupnya, campurkan ekstrak xanthone dengan madu , serta ekstrak rosella.
•  Lalu, panaskan pada suhu 90-95 derajat Celcius selama 10 menit agar kandungan alkohol dari ekstrak xanthone hilang.
Cukup mudah bukan cara membuatnya? Tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan mengumpulkan kulit manggis kini Anda bisa membuatnya sendiri tanpa harus repot-repot membelinya. Jadi tidak ada bagian yang dibuang dari buah manggis ini. Selamat mencoba cara membuat jus kulit manggis!

Tidak ada komentar: